April 28, 2016

Angkringan di Batam : Angkringan Jogja (Kuliner Batam)

Sebagai alumninya Ngayogyakarto, apalah saya ini kalau ngga demen sama angkringan, solusinya anak kos ketika malem dan lapar melanda tapi ngga pengen ke burjo karena porsi angkringan yang imut. Jadi sadar kenapa waktu di Jogja badannya melar,nasi kucingnya sih sebungkus dua bungkus sudah cukup, ubo rampe alias lauk pendampingnya itu yang buanyak hehehe. Dulu awal-awal di Batam Center pada ngarahinnya ke angkringan komplek perumahan Duta Mas, tapi kembali lagi ke masalah selera dan rasa dan harga akhirnya saya sama suami cuma sekali aja jajan di situ. Selalu rame sih tempatnya,tapi ya kami punya pilihan lain yang lebih cucoook.

Kemudian nemu di komplek ruko Bida Asri II sederetan sama Kimia Farma, depannya fotocopyan,pokonya daerah depannya Universitas Batam (Uniba). Tempatnya kecil dan gelap makanya belum pernah moto.in lagi, agak malu pakai flash (yeay saya punya malu ahahaha). Selain jual angkringan dia juga jual soto ayam,enak seger dan bening kuahnya. Pas pertama nemu ini,hampir setiap hari ke situ,sampe penjualnya hapal, sama-sama dari Jawa kalau ngobrol ya pakai bahasa Jawa,ditimpali sama suami saya yang sok Jawa hehehe.

Daaaannn awal tahun ini nemu tempat iniiii,,,lebih juara dari yang di depan Uniba,selain karena variasi pilihan lauknya lebih buanyaaakk,juga karena harganya lebih murah dibandingkan Batam Center. Tempatnya di dalam terminal lama arah Tanjung Piayu. Pas di perempatan lampu merah Panbill Mall, belok ke kiri lurus aja lihat sebelah kiri nanti dia kelihatan gonjreng. Ya meskipun sebenernya buat kami harganya tetep aja karena ongkos bensin ke sananya ahahaha tapi demi kenikmatan mulut segala cara ditempuh. As they say : happy tummy happy me. Untungnya punya suami kompak seleranya :)
Nih, gonjreng kan depannya, biasanya sih sekalian ada mobilnya yang punya warna hijau sebagai penanda. Paling aman ke sini jam 6.30 ke ataslah. Ada beberapa angkringan,tapi dia ini yang paling besar dan terang tempatnya (karena pas di bawah lampu jalan,ya remang-remang menuju teranglah)

Penampakannya kalau dari samping...jadi sepanjang trotoar kecilnya, sama di seberangnya lagi,cukup banyak mejanya,tapi belum sempet ngitungin, pasti dapet tempatlah pokonya. Cuma, kalau ga nyaman, mending dibungkus aja bawa pulang. Sekilas suasananya agak mengingatkan kaya alun-alun jogja. Bedanya jogja kan rame banget ya,ada odong-odongnya juga, kalau di sini sih sepiii.

Inilah akibatnya kalau datang kecepetan,,,sekitar jam 6anlah,masih belum ditata jadinya ngemper dulu deh. Kadang-kadang nasi kucingnya ada yang isinya nasi gudeg loh, lumayan banget deh buat ngobatin rasa kangen,meskipun porsinya ya porsi imut. 

Jenis satenya banyak pilihan, bahkan sate paru aja ada yang biasa sama yang pedes. Kalau suami sukanga sate sosis, kalau saya ketagihan banget sama sate kerangnya. Bisa nahan diri karena ingat kolesterol ahahaha. Sebagian besar satenya rasanya pedas, sambel terinya juga pedeshh. Sate @2000an, nasi @2000an juga, bihun dan capjae (beneran kaya dr jogja tepung gitu tp enak) @2500an, nasi gudeg @6000, gorengan @1000an.

Kalau ini intermezo aja sih,,,lauk pendamping cilok kuah gitu 5000an seporsi. Orangnya jualan di sebelah warung angkringan persis dan laris manis. Saya pribadi lebih suka ngga pake kuah, jd cuma cilok pake kecap plus sambel diublek-ublek gitu.

No comments:

Post a Comment