April 27, 2016

Makan Mie di Batam : Serba Mie Ayam (Kuliner Batam)

Kalau disuruh pilih nasi atau mie, tentu saja saya lebih memilih mie,,,diapain aja suka,,,nah di Batam ini agak susah mendapatkan mie yang sesuai lidah saya,karena kebanyakan diolahnya pakai bumbu-bumbu lengkap gitu termasuk yang chinese foodnya... Nah,untuk olahan mie ayam, ada beberapa yang saya suka dan kalau ga direm bisa makan mie terus. Catatan : kalau mau lebih bervariasi dah lebih lengkap, jangan lupa mampir ke instagramnya @batamliciouz ya :) 
Saya urutkan dari yang paling favorit.

1. Mie ayam Morning Bakery Kepri Mall. 
Cuma di Kepri Mall ya, kalau Morning Bakery yang lain, mienya ikutan lain,jadi beda-beda.

Namanya Mie Ayam Bandung, bumbunya sederhana banget, baunya wangi, mienya lembut, isi pangsitnya lembut, kuahnya bening, ayamnya kepyur putih gitu, isinya pas kenyangnya. Selalu paling favorit kalau ga sama es teh ya sama es kopi susu. Habis dari Celfit selalu ke sini, ambil meja di lantai di depan kasir (pas standing fan segernya enak, kalau di lantai 1 smoking area jadi tak mau lah yaw). Ya gimana mau cepet kurus kalau habis olahraga ransumnya model begini ahahaha, itu udah disadari banget, tapi mau gimana lagi, sudah semacam menjadi ritual.
Ini ritual lainnya kudu dicampur kecap jadi kaya yamien manis. Mengingatkan sama masa kecil yang tiap tahun liburan kenaikan kelas (jaman saya liburannya sebulan, lamaya) sering dibawa kakak sepupu ke kolam renang mana gitu, habis berenang ordernya yamien manis.

2. Mie Ayam Kendal, di sepanjang jalan deket vihara Nagoya, lurus dikit setelah soto lamongan, sebelahnya bengkel. Pertama diajak ke sini suami saya males banget karena tempatnya puanas pol dan ga seberapa meyakinkan karena spanduk namanya pun sudah robek ngga jelas hehehe.
Tapiiiii begitu nyobain dan ngeliat porsinya yang melebihi ukuran mangkoknya, seringnya malah suami yang lebih dulu ngajak ke sini. Buat dia porsinya pas,tapi buat saya kebanyakan, makanya sering dioper ke suami buar habis. Untuk seharga Rp. 10.000 mie ini termasuk memuaskan, jenis mienya lembut, ayamnya dibumbui dengan pas jadi ga bikin eneg. Juara deh rasanya. Kalau saya suka yang kering tanpa kuah begini...kalau pakai kuah, terasa lebih penuh lagi mangkoknya.
Meskipun ada tulisan baksonya di depan, di warung ini cuma ada mie ayam tok. Pernah nanya kenapa ngga bikin bakso katanya ga sempet, mie aja udah kewalahan. Hehehe bukan nggaya si masnya, kalau pas lagi jamnya,emang ramai dan kalaupun ga ramai, pasti adaaa aja yang bungkus. Kalau tahan agak panas sumuk sedikit mending makan di tempat pas masih panas mengrbul mienya. Lauk tambahan selain krupuk-krupukan adanya suma telur kecap ini, tinggal nambah Rp. 3.000. Seringnya di meja pojokan ada mas-mas yang ngepel-in mie ini sebelum dimasak,mungkin karena ukuran tangan cowok kali ya makanya jatahnya besarrrr...dan mungkin enak karena sudah kena keringetnya masnya ahahahaha *tapi ini enak,beneraaaannnn*

3. Mie Ayam My Mie di deretan food court depan Carefour Kepri Mall
Harganya ngga sampai Rp. 15.000 kecuali kalau pakai tambahan jamur atau bakso ya, porsinya kecil sih tapi lumayanlah buat cemilan sehabis belanja hehehe. Ngga enaknya dia bukanya jam 12 siang, jadi kadang kurang sabar dan teteup ke mie ayam Morning Bakery :)

4. Mie Ayam Bakso Malang Bagelen di BCS mall lantai 1,paling deket kalau masuknya lewat pintu ATM. Langsung keliatan dia standnya di lajur sebelah kanan. Depannya Bean City.
Selain mie biasa,dia juga kasih pilihan mie hijau dari sawi, oranye dari wortel dan agak pink gitu dari buah naga, suami sukanya yang wortel, saya sukanya yang sawi. Mienya biasa aja sih, kalau ga pengen-pengen banget biasanya ke food court lantai 4-nya hehehe.

5. Mie Ayam Bakso Wonogiri, food court BCS Mall lantai 4 paling ujung sendiri
Mienya agak besr, kuahnya berminyak, ayamnya potongannya sih besar-besar. Cuma buat kalau suaminya lagi kepingin aja. Kalau saya kurang suka jenis mie.nya,jadi kalau ke sini pesennya bakso kosongan aja. Saya lebih suka bakso Malang Cak Man di depan counter Bakso Wonogiri ini. Mie ayamnya sejenis inilah but less oily than this one.  Bisa dicoba siapa tau punya selera yang berbeda.

No comments:

Post a Comment