June 14, 2014

Cerita di balik Rancangan Kebaya Pengantin

Menjelang akhir Juni 2014 ini sebenarnya agak spaneng ya...sehubungan dengan perbedaan adat antara saya dan suami, maka sekarang keluarga suami sedang ribet-ribetnya mengurusi pesta adat sesuai dengan budaya mereka. Bukannya saya tidak peduli, tapi masih belum ada damai sejahtera aja dalam menuju acara tersebut. Ada yang mengatakan bahwa diikuti saja, dibawa senang dan santai, iya, saya akan mencoba, toh acara ini akhirnya yang akan membuat saya dikunjungi mama dan keponakan kesayangan saya :))) *lil bit egois memang* tapi membuang2 uang hanya untuk sebuah pengakuan memang sampai sekarang masih belum terlalu meresap ke pemikiran saya... yah sekali lagi, nikmati saja perbedaan budayanya, nikmati saja perbedaan cara pandangnya...toh saya juga yang memutuskan untuk mau dinikahi oleh mantan pacar saya ini :D

Persiapan yang mendadak membuat saya tidak terlalu tahu mengenai kebaya yang akan saya pakai di acara ini nanti karena begitu sudah ada tanggal, saya hubungi mama dan mama kontak tante Hartoyo yang sangat lihai membuatkan kebaya, yup, kebaya saya mulai dari wisuda S1, acara langkahan, nikahan adek, wisuda S2, pernikahan, resepsi, kebaya apapun yang menjahitkan ya tante Hartoyo ini. yang saya tahu adalah warnanya dominan merah dan emas :D Ada cerita yang cukup seru kalau mengingat kebaya pernikahan saya tahun 2012 lalu yang didominasi warna coklat dan keemasan ini. Jadi inget 1,5 tahun lalu :)

Pemilihan model berdasarkan instingnya mama, permintaan saya kalau leher kebuka dan keliatan punggung plus chit-chat sama tante Hartoyo sebagai pemberi masukan, lumayan banyak perubahan sih sebenernya dari model awal sampai model akhirnya, tapi tentu saja saya syuka syekali hasil akhirnya ini :) Kebaya ini baru dikirim jam 11 malem, 7 jam sebelum hari H hohoho heboh ora..lucuya antara saya dan mama ngga ada yang inget kalau kebaya ini belum dikirim karena kita juga lagi sibuk siapin acara sejenis midodareni di rumah. Pas tante Hartoyo dateng, baru deh pada 'ngeh' kalau belum fitting terakhir, ada beberapa yang masih kurang pas sih, tapi minor aja bisa langsung dibetulkan di rumah saat itu juga :D Acara di rumah selesai jam 2 pagi termasuk pulangnya para tamu, fitting kebaya, padahal jam 3.30 Mba Yuni dari Priscilla Bridal udah stadby untuk make up, sempet ketir2 bakalan mabok dan mukanya jadi aneh karena kurang tidur, ternyataaa power of make up bekerja hehehe..tapi kalau dari hasil baca-baca, ternyata di balik makna malam Midodareni itu adalah malam turunnya bidadari yang akan menyertai pengantin wanita dan turunnya lewat tengah malam, makanya sebaiknya tidak tidur sebelum itu hihihihi ini penghiburan mitos yaaa boleh percaya ga percaya...tapi bersyukur sih sama penyertaan Tuhan dari awal, segalanya kaya bisa pas gitu, bisa jaga senyum, matanya ga sembab dan ga pingsan selama acara, ngantuk aja engga :) dan yang penting lancar jaya :p
Perubahan pertama, di awal ini kebaya cuma sebatas mata kaki saja, jadi setara sama jariknya...Apa daya pada saat fitting, saya yang bohay ini semakin membantet dengan model yang seperti itu :))))) pengantin mana pula yang mau jadi penganten bantet *mengingkari kenyataan kalau emang pendek :p* akhirnya si tante usulkan kalau ditarik dikasih ekor aja...nah loh nah loh, kebaya udah jadi gimana ngekorinnya daan kainnya udah habis dong yaaa, agak boros karena banyak dipake buat tempelan2 aja bunga2nya...dan itu beli di jogja dong yaaa...eits, dengan kreatifnya, tante Hartoyo bisa dong cari kain dengan warna senada di waktu mendesak, seminggu sebelum hari H >.< makasih tante, you are my hero deh, makin laris manis jahitannya :)
Taraaaaaa, inilah jadinya ekornya hihihihi, kebaya yang udah jadi dipecahlah itu,,,jadinya emang beda kan sama yang dari awal udah disediakan dan direncanakan untuk pakai ekor...kalau si tante sebagai penjahit ya nyesel abis karena itu pecahan keliatan banget, bahkan pas liat-liat fotonya doi masih komentar tentang betapa seharusnya ekor itu ga mecah tapi nyambung dengan halusnya hahahaha,,,itu dari sisi penjahitnya kalau dari sisi saya ga masalah sih, karena lebih keliatan ngembang sebelum mencapai ekor yang paling bawah, jadi engga langsung mlorot jatuh langsung gitu... Nih, ga terlalu kelihatan kan kalau bunga-bunganya beda? yang bagian ekor bunganya lebih rapet n kecil2 dan ga ada lapisan benang keemasannya jadi pure cokelat aja warnanya, but hei, ga ada yang peduli ini, karena dia tampak sejalur ajah :)))
Kalau jahit kebaya emang butuh penjahit khusus ya dan kadang yang cocok sama satu orang belum tentu cocok sama yang lainnya. Nah kalau tante ini udah ngeh betul lekuk tubuh bohay saya :D jadi kebayanya mau dibuat jungkir balik juga enak-enak aja ngikutin gerakan badan saya...kaya ini pas lagi acara lempar daun sirih,  3 untiran sirih pas semua lemparannya tepat ke arah calon suami :) ngga keselempit ketek gitu deh hehhehe. Pengennya kembennya dibolongin juga ngikutin bentuk kebaya, tapi kaya mama ojok bolong-bolong ga sopan di gerejanya >.< yoh, nurut deh..
Lain cerita kebaya lain pula cerita jariknya...lebih romantis lagi, karena jarik ini adalah jarik seserahannya waktu mama di lamar hohoho, jadi umur jariknya lebih tua setahunlah dari umur saya :D baru dipake dan dijahitkan sekalian, mengharukan memang... tapi, entah karena sudah agak berumur atau karena memang rapet jahitannya, maka pas dipakain untuk jongkok di bagian jahitan suwiran lututnya agak 'krek' sobekkkkk, kejadiannya pas ini nih, pas acara injak telur (padahal telurnya ya diplastikin ga kotor ama, mbok ga usah dicuci hohohoho yaaa namanya ikut adat, biar sesakses apapun tetep hormat dan melayani suami gitu deh intinya, bener kan?) Robekannya kecil sih, ga keliatan juga, tapi dengan robekan di awal ini jadi enak pas sungkem2 ga robek lagi hehehe...tipsnya : pada saat fitting jangan lupa pose jongkok or sungkem untuk tahu ukuran ketajaman lutut kita :D Ga terlalu jelas, tapi bisa dilihat ga ya itu sepatu saya juga dibikin khusus loh, diambil dari kain yang sama kaya kain kebaya...ini idenya mama biar senada seirama, i love you mom :*
Sayang ya ngga ada bridesmaid yang bisa benerin ekornya pas pose ini hehehe, jadi kan biar bisa lebih ngembang dan imbang gitu :p tapi gapapalah, udah bagus merata, daripada nyerimpet...saya ga kepikiran untuk nyamain dengan beskapnya suami, untungnya salon sewa langganannya pakde punya warna kuning dan coklat yang senada, iya, nyocokinnya cuma bilang warna aja...kami di pihak wanita baru tau apa yang dipakai suami pas di hari H karena pas fitting punya suami agak ga cocok trus habis tu kan udah ga boleh ketemuan lagi dan suami juga belum tahu kan warna kebayanya...jadi amaze aja pas ketemuan pagi sebelum gereja itu ternyata kita bisa senada seirama warna bajunya :D *jangan ditiru ya, pengantin cewek dan cowok sebaiknya fitting bersamaan karena belum tentu kebetulan seperti ini terjadi lagi hehehe, kalau warnanya nyelenthang kan yo agak gimanaaa gitu :) Kalung dan hiasan kepala juga dipilih pagi-pagi di acara dandan itu, preman banget deh acara ini, puji Tuhan semuanya bisa looks fit sama kebayanya, jadi ga malu-maluinlah pengantinnya :D Kalau hiasan melati dan kalung melatinya suami emang sudah dipesan,,,hmmm perpaduan harum melati dan bunga sedap malam emang syurrrrr, ademmm banget..iya mayoritas bunga memang saya requestnya sedap malam soalnya ngefans bgt sama sederhananya tapi harumnyaaaaa hmmmm...
Kalau mau dibilang, kayanya saya sama suami yang jadi manten nakal, lompat sana lari sana sini, mana ada duduk di kursi manten hehehe, kita yang datengin tamu-tamunya untuk salaman, dan ini ternyata kata mama berkesan banget karena selang beberapa minggu masih dipuji-puji sistemnya *pengantinnya ikut ge-er* fungsi lain ekornya gini nih, bisa dipake properti pose foto hahaha kalau liat ini agak aneh, masih banyak tamu yang dateng malah heboh sendiri nyoba2 pose >.< rindu bebas seperti ini, karena sepertinya yang untuk acara adat di akhir Juni ini sudah disiapkan pelaminan, jadi, mari kita siap-siap jadi manten yang duduk manis dan jadi tontonan :D ya paling ngga bisalah ngerasain dua duanya, jadi manten yang gerak-gerak dan yang dipajang...mencoba menikmati setiap momen..kalau kata Joyce Meyer : enjoy everyday life..yuk mariii....

No comments:

Post a Comment