March 19, 2011

sibling rivalry : pak, bu, itu anaknya ada 2 loh, bukan cm 1 ;(

sore ini baru aja dari kantor oriflame, selain u/ ikutan briefing beauty demo yg bakal diadain tgl 27 ntar (tunggu sharingnya yaa ;) a/  dapet titipan dari 2 rekan sejawat u/ ngambilin orderan...hal yang paling saya sukai dari antri mengantri a/ memperhatikan tingkah polah orang yg ada dalam 1 ruangan, paling enak kalau lagi barengan org yg bisa diajakin rumpi, karena bisa langsung komentar ahahaa,,,yup 1 hal lagi dari saya yg sudah pasti akan diiyakan oleh sahabat2 saya a/ saya mudah berkomentar, itu kali ya kenapa beberapa orang suka nanya or meminta nasihat, krn saya pasti akan bilang apa adanya, untuk orang yg ngga tahan pasti akan 'sakit ati' atau tersinggung,,,heiiii, jgn salah loh ya, karena saya suka komentar maka dengan legawa dan terbuka saya juga akan menerima komentar apapun dari orang sekitar saya, yg membangun pasti akan saya jadikan acuan,,,
welah ko malah ttg komentar ;p no, yg akan saya bagikan a/ pada saat saya perhatikan ada seorang anak perempuan mungkin sekitar 4 tahun yg lari kesana kemari, teriak2 dan bahkan yg membuat cukup ngeri a/ dia bergelantungan di pinggir tangga...apakah dia anak hilang? anak yg keluyuran sendirian? anak yg orderannya ngga diurus2in ;D tentuu tidaaaakk...ayah ibunya ada, ibunya tipe ibu jaman sekarang yg modis-gaul (nah piye kuwi, bayangin sendiri aja ya, asosiasi bebas ;) dan sang ayah sedang mengendong adik cowoknya yg saya yakin belum berusia 1 tahun...inilah 1 hal yg juga sya sukai di oriflame akan sering dijumpai pasangan entah itu pacaran, tunangan bahkan suami-istri yg akan bersama2 mengorder, romantisss kan ^^ seandainya pria saya juga mau, sayang kami berbeda...nah, balik ke princess tadi (sy sebut princess krn rambutnya kruwil2 dan imut sih pada saat dia lagi ngga 'brutal') bbrp kali dia menghampiri ibunya dicuekin, pdhl banyak loh kesempatan ibunya bisa menjawab pertanyannya kan sistem antrian yg sekarang bisa bikin kita duduk tenang tunggu dipanggil ;p ibu tidak bisa diganggu, beralihlah dia pada sang ayah yg menggendong adik dg mata kagum pada pria kecil dihadapannya, jeritan2 princess tidak dihiraukan, saat ia ingin mencium si adek ayah melarang dan menjauhkan dia dari adik, semakin marahlah princess daaaan ya tentu saja dia semakin menarik baju si adik sambil berteriak, dan semakin ayah menjauhkan mereka, saat sang ibu datang membawa keranjang2 orderan, ayah dan ibu fokus pada si kecil dan orderan mereka, princess? tentu saja lari kesana kemari dg teriakannya ;( sedih melihat pemandangan ini, sedih melihat matanya saat ia dijauhkan dari sang adik, sedih saat ia bergelantungan di tangga sambil memanggil ayah tanpa dihiraukan...apakah princess yg nakal sampai dia harus disamplek dan dijauhkan dari adik? apakah dia nakal karena memukul adik? no.no...yang saya perhatikan adalah adanya sibling rivalry....apa lagi itu? scr singkatnya, sibling rivalry adalah perasaan bersaing dalam diri anak (sudah mulai muncul disekitaran usia 1 tahun) saat berada dalam lingkungan keluarga dimana anak akan berusaha memahami kedudukannya sebagai individu dan perbedaannya dari saudara sekandungnya (siblings). biasanya terjadi pada anak yg mendapatkan adik dalam usia yg berdekatan atau dia belum dibantu untuk memahami arti keberadaan 'adik'. pada masa ini sangat wajar anak merasa tertekan terutama apabila dia merasa tidak mendapat perhatian, respon ataupun  hal2 yg dirasa tidak sama/tidak adil seperti yg didapatkan saudaranya...mereka masih belum memahami bahwa pertengkaran, teriakan, tangisan dan kebrutalan lainnya bukanlah cara untuk menyelesaikan konflik atau mendapatkan eprhatian yg dibutuhkan. dalam hal ini orangtua juga akan terpengaruh tekanan yang diberikan anaknya, bayangin aja capek2 pulang kerja disambut kekesalan dan kerewelan anak, atau ngga ngerti maunya anak apa, akhirnya yg muncul adalah 'anak ini nakal'. hal ini menjadi siklus yang akan semakin meningkatkan konflik dalam keluarga dan persaingan antar saudara tersebut (sibling rivalry). balik ke kejadian tadi sore, siapa yg ngga sakit hati saat udah teriak2 ngga ada yg pedulikan? mau nyium adik aja didorong dan dilarang, siapa coba yg lahir duluan, kalau ngga ada kamu aku pasti yg akan ada di gendongan ayah..mungkin hal2 itu yang muncul dlm pikiran princess saat dia diabaikan setelah segenap usahanya gagal dan akhirnya usaha terakhir adalah memukul sekeras2nya si adek...persaingan ini sebenarnya tetap berlanjut sampai qta dewasa, hanya saja pd saat dewasa dimana perilaku dan pemahaman individu semakin berkembang qta bisa melakukannya dengan elegan...bgmn dg anak2? mereka masih belum bisa mengontrol perilakunya...eits, apakah memang benar2 tidak bisa?? tentu saja mereka butuh orang dewasa yg ada di sekitar mereka yg terutama siapa lagi kalau bukan orang tua ya kan? bisa loh anak kecil diajak diskusi...jangan bilang saya ngawur atau saya belum mengalami gmn rasanya punya anak, saya punya sepupu yg masih berumur 3 tahun dan sejak umur menjelang 2 tahun saya bisa berkomunikasi dengannya, asalkan dengan bahasa yg mudah dipahami dan didukung intonasi maupun gesture yg nyaman, anak2 akan ngerti ko, dijamin ;D ayah bisa saja memanggil princess dan mengajaknya bercanda barengan si adek (princess dilibatkan), ibu bisa saja menjawab pertanyaan2 dari princess wong ibu jg ngga ngapa2in saat ngantri-drpd cm mainan hape ya to atau bahkan ibu melibatkan princess saat menghitung orderan memasukkannya ke dalam kantung kresek, atau menunggu sambil mencatat, atau memberikan kegiatan yang disukai dg misalnya membawa buku gambar atau mainan kesukaannya...dan yg paling penting adalah membiarkan princess mencium adiknya...berani taruhan, kalau princess dilibatkan dalam situasi pengorderan (sesuai dg kapasitasnya tentunya) dan penjagaan adik,  hal2 kecil yg membuat dia disadari keberadaannya pasti ngga perlu ada teriakan2 maut, parade manjat di pinggiran tangga, hentakan2 kaki yg ribut ga karuan ;p yah sekali lagi saya bilang, hei, kalian punya anak 2 loh bukan cuma 1 >,<
om dan tante2, ini dia yg namanya Kia ;p sukanya segala sesuatu yg berhubungan dengan elektronik dan terutama komputer/laptop, dan suka bertanya jadi sangat2 ceriwis, liat aja jidatnya jenong ;D

No comments:

Post a Comment