April 22, 2011

Multi Level Marketing : prinsip piramida? cepet kaya tanpa usaha??? let's think about it again

yes, mari kita berpikir ulang lagi tentang masalah cepat kaya ini...jujur saya agak terganggu dengan kondisi yang serba instan saat ini dimana orang lebih ingin cepat kaya, cepet dapet duit dengan usaha seminimal mungkin salah satunya dengan banyak sekali iklan yang dateng ke fb saya tentang iklan cepat yg dapet 5 milyar lah berapa milyar, mulai dari modal 10rb sampai 180rb dan uang akan mengalir di rekening dengan mencari they so called 'downline'....saya akan menyebut perbuatan ini meminta2 why? masih inget tulisan saya ini?
nah pertama-tama....dalam program ini tidak ada produk yang ditawarkan alias hanya disediakan web replika (dan saya masih belum setuju alias tidak masuk akal dalam logika saya kalau itu disebut produk ;) dan kemudian anda diminta mengundang orang dengan membayar sejumlah tertentu dimana semakin banyak orang yang bergabung, semakin banyak maka tentu saja akan semakin banyak uang yang mengalir di rekening anda (bahkan salah seorang teman berani memposting buku tabungan untuk membuktikan hal ini) terbukti?? ya memang terbukti, oleh karena itu, mari kita beralih ke alasan ke dua....ada yang disebut prinsip piramida, tau kan ya piramida? yang semakin ke atas semakin mengkerucut? di mana yang atas 'bisa berleha2' asalkan yang bawahnya berkembang...adil??? tentu tidak menurut saya...saya usaha mencari downline, sementara 'atasan' saya mendapatkan keuntungan yang seharusnya saya dapatkan...bandingkan dengan sistem dimana usaha kita dihargai sesuai dengan yang kita raih, misalnya kita achieve 6% ya yang kita dapet segitu karena itu hak kita....atau pada saat kita kerja lebih smart dibandingkan upline maka ada kesempatan buat kita bahkan melampaui sang upline, monggo2 saja...fair? sangat fair... sementara di piramida ini semakin kita kerja keras, ya yang atas2 lebih menikmati hasil...di sisi lain, bayangkan bawah2 kita yang terpaksa stuck karena ngga dapet orang, atau mereka bersusah payah alias usahanya lebih keras, tapi kita sebagai upline menikmati usaha mereka?? no..no...saya mah ngga kepengen jadi atasan yang seperti itu...
menggiurkan memang, siapa yang ngga pengen? tapi saya masih jadul mungkin ya? saya masih beprinsip bahwa no pain, no gain (dengan sikap yang smart tentunya alias ngga pain2 bgt hehehee) apa yang didapet mudah, ilangnya mudah juga... dalam bisnis saya lebih menyukai bila ada sesuatu yang bisa dipertanggungjawabkan...secara uang maupun moral....
ini masih prinsip yang saya pegang, ngga munafik, semua butuh uang, semakin ada uang semakin mudah hidup kita (katanya dan beberapa kenyataan mengatakan demikian ;) tapi jangan sampai hidup diperbudak uang...Tuhan kasih kita kehendak bebas bukan untuk menjadi males....Tuhan kasih kita kepinteran bukan untuk semena2 sama orang lain...hmmm...ini Jumat Agung tapi permenungannya malah tentang MLM abal2 ehehehehe...gapapa deh, selama ada yang bisa dipelajari, bukan begitu? ^^

No comments:

Post a Comment