March 20, 2018

Hari Dongeng Internasional (Sedunia) : 20 Maret

Pasti tidak banyak yang tahu kan kalau 20 Maret diperingati sebagai hari dongeng Internasional/Sedunia? Sama dong, saya juga baru tahunya setahun belakangan ini ahahaha tosss. Kalau berdasarkan sejarahnya hari dongeng Internasional ini dimulai oleh para pendongeng di Swedia sekitar tahun 1991. Sementara hari dongeng Nasional di Indonesia punya tanggal yang berbeda, yaitu 28 November dikukuhkan di Kulon Progo tahun 2015. Jauh juga ya jaraknya, 24 tahun, padahal rasa-rasanya dari sejak saya kecil dongeng itu sudah ada. Minimal sempat ngalamin si Unyil.lah (kalau anak jaman sekarang kenalnya Laptop si Unyil :D). 

Nah, tanggal 28 November dipilih karena merupakan hari kelahiran Pak Raden. Acara tersebut dibuka dengan pembacaan dongeng oleh Rona Mentari (bagus banget ya namanya). Sementara kalau awalnya dongeng Internasional muncul malah dirayakan selama lima minggu berturut-turut. Seru ya, anak-anak di sana waktu itu pasti merasa bahagia dan dicintai punya hari perayaan yang fokus pada mereka. Lama pula kan perayaannya. 

Saya pingin sih bisa mendongeng, soalnya kalau baca bahasa saya medok :') jadi kurang stabil intonasinya, belum kreatif juga emosi dan pilihan suaranya. Apa daya, belum ada yang buka kuliah Whatsapp mendongeng ya ahahaha, kalau di Jawa rasanya banyak materi belajar mendongeng dibuka. Iri deh saya. Untuk ikut merayakan hari dongeng Internasional ini, saya mau kasih salah satu kreasi sederhana saya waktu ikut give away dari salah satu kumpulan dongeng di Indonesia untuk memperingati hari dongeng Nasional 2017 yang lalu (diposting tanggal 30 Desember 2017). Dikabarin sih menang, sudah ditanya alamat juga, tapi sampai sekarang hadiahnya ga ada bau-bau dikirimnya ahahaha, sedih, tapi ya sudah, yang penting ikhlas pas bikinnya, yang bohong mereka ya ditanggung sendiri dosanya. Dibantu ngerekamin juga sama suami, soalnya ngga nemu posisi yang enak untuk pasang hp-nya. Ini saya pilih cerita berjudul Selimut Persahabatan dari Watiek Ideo


Selamat menikmati (walaupun sound terakhirnya kepotong dikit hehehe, karena waktu itu syarat ceritanya maksimal satu menit saja). Bagian yang terpotong "selimut menyatukan persahabatan dengan indah". 

No comments:

Post a Comment