November 26, 2018

5 Rekomendasi Tempat Kuliner di Batam (+3)


Halo Pembaca Dancinglady08 alias sobat Delight, saya sekarang domisilinya di kota Batam. Jadi kalau ditanya tempat makan favorit saya kasih tahunya ulasan makanan yang di Batam aja ya untuk tema dari blogger perempuan network #BPN30dayChallenge2018, meskipun favorit tetap di Malang dan Jogja sih. Yaaa, hitung-hitung mempromosikan kota tempat tinggal sekarang gitu kan. Siapa tahu sambil menulis kuliner di Batam, saya bisa menambah sedikit rasa betah di kota Batam ini. Sekalian relaksasi gitu dengan cara menulis.

Meskipun di Batam, sebenarnya selera saya ngga jauh-jauh dari masakan Jawa jadi tetap nyarinya yang sesuai lidah saya ahahaha. Puji Tuhan dapat suami yang sudah merantau ke Jogja dan suka sama cita rasa makanan Jawa. Eh tapi suami saya sih cocok sama semua makanan ding ahahaha, jadi aman. Malah dia yang selalu menyesuaikan, katanya biar istrinya nafsu makan. Uwuwuw manis yaaa.

Bakso Solo Marem. Sebagai seorang Aremawati, saya suka banget sama bakso dan mie ayam. Nah di Batam susah nih cari bakso dan mie ayam yang cucok. Dulu pernah ada di daerah belakang Nagoya City Walk, tapi udahlah jauh-jauh ke sana eh seringnya tutup tak terduga. Setelah itu nemu deh ini bakso. Terletak di daerah Batu Ampar, jalan Duyung. Lucunya loh ini deket sama kantor suami tapi malah baru akhir-akhir ini ketauan ada hidden gem  di kota Batam. Palayanan ramah, cepat, enak, rasa stabil, malam tetap buka, kuah bening, fresh, ngga amis, ngga berminyak meskipun banyak tetelan. Ya ampun, nulis beginian aja saya nelen ludah hehehe. Harga bersahabat buanget, porsi bikin perut bahagia. Ngga pernah bosen sama bakso di sini.

Crazy Fried Chicken. Di tengah maraknya ayam geprek, ini yang rasanya paling menari-nari di lidah. Karena sambal bawang gepreknya ngga uma cabe diuleg aja, tapi gurih bumbunya. Pedesnya pun mantap ngga mengecewakan. Terletak di ruko KDA junction di deretannya Sun Bread Batam Center, menu ayam geprek level 5nya sangat bisa jadi alternatif kalau lagi pengen menggoyang lidah dengan yang pedes-pedes. Kalau level 10 saya ngga kuat hahaha, jadinya pun ngga bisa dinikmati.


Morning Bakery. Ada banyak outletnya di Batam, karena Morning Bakery ini salah satu kuliner khas kota Batam yang umurnya sudah tua banget. Pas suami masih SD katanya suka makan burgernya yang harganya Rp. 250 hehehe. Dia bisa mempertahankan sampai sekarang sampai memiliki banyak outlet. Namun, favorit dan kecintaan saya adalah outlet yang di Kepri Mall. Kenapa? Karena Mie ayamnya adalah Mie Ayam Arum Bandung yang cucok buanget sama selera saya, yaitu Mie yang tipis dan lembut tanpa bumbu aneh-aneh. Pilihan menu favorit saya lainnya yaitu fried chickennya yang porsi besar. Selain itu, kopi susunya menurut saya di sini racikannya paling pas. Selain pelayanan yang cepat (kalau ini hampir standar sih di semua outletnya dia adalah tempatnya yang luas dan nyaman buat kongkow lama-lama. Saya sukanya di lantai dua soalnya no smoking area dan ademmm. Soal harga, sesuai buanget sama rasa dan porsinya. Ga akan menyesal mau pesen menu apa aja.


Warung Makan Pantura. Kalau ini terletak di ruko dekat perumahan Bida Asri 2 Batam Center. Dia tuh ya, asli masakan Jawa yang njawani banget. Penjualnya ramah, harganya murah meriah dannn lauknya selalu fresh. Kalau lagi ngga masak bisa banget bungkus lauk pauk dari warung ini. kadang-kadang kalau lagi ada panen, si ibu suka bikin oseng jantung pisang alias ontong yang pedes dan endes buanget.

Ayam Taliwang Jodoh. Kalau dari pasar Jodoh dia ke arah Planet Hotel, di sebelah kiri jalan setelah Morning Bakery. Rasa ayam bakar Taliwangnya hmmmmmm, malah mengingatkan sama ayam bakar pas saya tinggal di Pare. Seporsi harganya 27 ribu rupiah udah puasss dan rasanya dari awal nyoba sampai sekarang tetap stabil enaknya. Ayamnya matang sampai dalam dan bumbunya ga pelit. Sambelnya pun mumpuni pedasnya. Enaklah pokoknya, ga rugi jauh-jauh dari Batam Center cuma makan si ayam taliwang kesayangan ini.
Nasi Goreng Arang. Terletak di seberang Universitas Batam, nasi goreng arang ini bener-bener masih di gorang di tungku arang. Nemunya ngga sengaja pas lagi lewat cari fotocopyan. Menu paling favoritnya nasi mawut pedes pakai ati ampela. Maknyusss. Aroma arangnya bikin nilai plus. Ke sini pas buka aja ya, soalnya kalau sudah jam makan kudu sabar antriiii. Apa daya saya tidak sabar ahahaha, jadinya ya selalu datang awal.

Seafood Jawa-Melayu Tanjung Piayu. Restoran di atas laut yang menyediakan menu seafood segar, mau dimasak apa aja juga enak. Asal jangan ke sini pas jam makan siang, pasti ruame. Apalagi Sabtu dan Minggu pasti sudah banyak meja yang di pesan. Menu favorit adalah kepiting saus pedas, gong-gong, udang goreng tepung dan rajungan rebus. Harga termasuk sangat murah dibandingkan dengan rumah makan sejenis lainnya. Pelayanan cepat dan karena di di udara terbuka jadi seger aja sih menikmati seafood sambil memandang laut.

Mie Tarempa. Ada banyak restoran mie tarempa di Batam, tapi yang pualing enak dan favorit ya yang di depan Panasonic Batam Center. Awalnya ngga suka dengan menunya karena ada bumbu khusus yang nyegrak di hidung. Eh, lama-lama enak juga hehehe. Selalu ramai dari jam sarapan sampai jam makan malam. Untuk oleh-oleh menu Luti Gendang produksi Mie Tarempa Batam Center ini yang paling top markotop. Mama dan bude-bude saya aja favorit banget. Ga perlu oleh-oleh cake artis atau cake kekinian, dibawain berdus-dus luti gendang setengah matang aja udah pada bahagia. Nanti kalau makan tinggal dipanasin. Disimpan di freezer biar awet. Luti gendang itu semacam panada tapi dia bentuknya bulat-bulat. Enak deh buat cemilan.
Eh, jadinya delapan tempat, gapapa ya, itu aja masih pengen nambahin yang lainnya lagi hehehe. Sobat Delight, jangan kuatir kalau ke Batam, sangat mudah sekali menemukan makanan halal dan segar. Apalagi seafoodnya, nyamiiiii. Jangan pernah lewatkan menu gong-gong, pasti ketagihan buat yang suka seafood. Asal tahu tempatnya pasti ngga akan rugiii. Mau yang lebih variatif lagi? Lebih buanyak lagi? Cus go follow akun instagramnya koko terbaik sekota Batam @batamliciouz. Tinggal pilih deh. Salam Delight.

No comments:

Post a Comment