November 20, 2018

Alasan Menulis Blog


Halo pembaca Dancinglady08 alias Sobat Delight, sudah pada punya blog belum? Karena kadang memang tidak diperlukan memiliki blog pribadi ya saat melakukan blog walking. Kalau ada yang belum, yuk bikin yuk, nanti kabarin saya deh, pasti saya mampir ke blognya. Saya pribadi, awal membuat blog ini, seingat saya, alasannya adalah untuk mempermudah menjalankan bisnis online yang pada saat itu saya bergabung. Namun, seiring berjalannya waktu, akhirnya blog ini jadi seperti online diary ya. Apa-apa aja yang lagi ingin ditulis ya ditulis dan dishare. Syukur-syukur ada yang baca. Bahkan pernah loh saya mendapatkan respon yang sangat mendukung saya secara psikologis, ya karena semi curhat gitu di blog ini.

Saya juga menulis tergantung apa yang sedang ingin dishare. Kadang resep, kadang produk, kadang makanan, kadang tempat, kadang buku, kadang cuma pikiran yang lagi ingin dipikirin aja, dan kadang-kadang yang lainnya. Belum rutin dan terpola sih ya postingannya. Namun, sampai saat ini saya masih menyukai yang seperti ini, sambil ke depannya memulai disiplin diri untuk melakukan salah satu hobi saya, yaitu menulis.

Secara singkat ya, supaya Sobat Delight yang belum punya blog juga termotivasi untuk membuat blog, alasan saya, antara lain :

Alat berbagiBerbagi apa saja yang saya rasa berguna, apabila itu produk dan makanan, maka harus yang saya sendiri sudah pernah merasakan maupun menggunakannya. Jadi menulis apa yang sebenarnya gitu.

Mendapatkan support secara online. Di awal tadi saya menyebutkan, diary online, nah, kadang kan kita ngga bisa ya menceritakan sesuatu hal kepada orang lain secara verbal lisan. Bisa tuh dicurahkan secara verbal tulisan, karena Tuhan kadang menggerakkan dukunganNya kepada kita melalui orang yang komen atau memberikan pesan terhadap tulisan kita. Itu bisa sangat menenangkan loh. Sungguh.

Sebagai media relaksasi. Efek relaksasi bisa didapatkan baik dengan melakukan blog walking ke teman-teman blogger lain yang tulisannya sesuai apa yang sedang saya alami maupun dengan cara saya melampiaskan melalui tulisan. Sobat Delight pasti pernah mendengar informasi bahwa menulis itu salah satu bentuk melampiaskan tekanan dalam diri kan? Karena menulis itu memiliki sifat terpeutik. Nah, mengetik tulisan dan mengejawantahkan pikiran kita menjadi suatu tulisan itu juga bisa menenangkan loh. Bahkan pada saat sudah menjadi tulisan, terkadang kita jadi tahu apa yang perlu diperbaiki atas suatu keribetan yang sedang kita hadapi.

Media sosialisasi. Beberapa kali saya mendapatkan kenalan melalui blognya loh trus saling follow di media sosial. Beberapa kali juga ikutan giveaway melalui blog. Dapet ngga dapet hadiahnya yang penting jaringan perkenalan menjadi luas dan kreatifitasnya jadi lebih terasah. Atau kalau mau share sesuatu daripada sekilas aja, mending ditulis di blog jadinya kan bakalan ada terus tuh, kapan-kapan kalau ada orang lain yang butuh tinggal dicopy deh link tulisannya. Mudah bukan? Melalui @bloggerperempuan saya juga sudah mendapatkan beberapa teman baru, semoga nanti silaturahminya semakin panjang ya di #bloggerperempuan #BPN30dayChallenge2018 ini.

Supaya abadi. Kalau alasan yang ini terinspirasi dari Pak Pramoedya sih, saya juga pernah menuliskannya sebagai keterangan profil saya di perempuanmembaca.com yaitu “supaya tidak hilang bila nanti sudah menuju keabadian”. Orang sering bilang ada jejak digital ya. Nah, selama era digital masih ada ke depannya, saya rasa meskipun secara raga nanti saya sudah ngga ada di dunia ini, secara ide melalui tulisan saya masih akan ada. Gitu. Lumayan buat bacaan anak – cucu nanti. Bahkan kadang kalau membaca tulisan-tulisan saya yang lampau rasanya malu dan “duh ternyata aku pernah gini toh” hehehe ya diterima saja. Toh itu memang bagian dari diri kita kan dan kita pernah mengalaminya. Namun, dengan ditulis jadi diingatkan lagi. Kapasitas ingatan kita kan juga ngga banyak, lumayan loh bisa baca-baca kisah yang sudah lampau. Nah, sekalian bisa relaksasi juga kan tuh.

Demikian lima alasan saya menulis blog untuk saat ini. Nanti kalau saya kepikiran lagi saya tambahin ya. Atau ada Sobat Delight yang sudah punya blog punya alasan yang berbeda dari saya? Boleh share linknya ya, nanti saya mampir buat inspirasi dan memotivasi saya untuk melihat alasan menulis blog dari sisi yang berbeda. Salam Delight.

No comments:

Post a Comment